Kamis, 08 Juli 2010

Tips Membeli Ponsel Multimedia

Sebelum membeli ponsel multimedia, ada beberapa hal yg perlu anda pertimbangkan. Tak hanya resolusi kamera ataupun kapasitas memori namun ada hal lain juga yg harus diperhatikan, diantaranya:

1. KAMERA

Saat ini ponsel kamera yg ada di Indonesia rata2 sudah mencapai 5 MP. Bahkan di Negara asal Vendor Raksasa Ponsel Dunia Samsung, Korea sdh ada yg mencapai 10 MP. Namun anda perlu mempertimbangkan lagi apakah betul membutuhkannya, mengingat harganya yg masih tergolong mahal. Kualitas kamera 3,2 MP sudah cukup baik, dengan ukuran file yang sangat besar rata2 500 kb hingga 750 kb.


2. 3G / 3,5G
Jika anda senang mendownload lagu2 atau video langsung dari ponsel, teknologi 3G atau 3,5G adalah prasyarat mutlak demi kenyaman mendownload anda karena kecepatan transfer datanya yg sgt cepat. Meski tidak bisa dipungkiri Kualitas Jaringan dan Prosesor yg ada dalam hape juga turut menentukan.

3. AUDIO PLAYBACK
Umumnya format musik yang dapat diputar di ponsel musik adalah MP3 dan ACC. Sebenarnya ada banyak format musik lain seperti Midi, AMR, WAV, WMA, OGG, dll. Namun pastikan music player pada ponsel mendukung format standar tsb yakni minimal MP3 dan ACC. Selain itu, pastikan juga apakah ponsel dapat memutar musik sementara anda membuka2 menu (background music).

4. VIDEO
Ponsel kamera kelas menengah umumnya memiliki video recorder dgn kapasitas 10-15 frames per second (fps) dan durasi 30 detik – 1 menit. Bahkan kini stardar ponsel kelas2 menengah keatas (mid to high end) adalah VGA dgn 30 fps setara kualitas DVD.

5. WiFi
Ponsel yang dilengkapi koneksi WiFi akan sangat berguna untuk mengakses internet. Anda tinggal mencari lokasi hotspot, lalu browsing atau download data, musik, dan video sepuasnya.

6. MEMORI
Jika anda berniat menyimpan sebanyak mungkin file musik, foto, video atau game, pilihlah ponsel dgn memori yg memadai. Ponsel entry level (low end) umumnya memiliki kapasitas internal 5-32 MB. Sedangkan ponsel Mid End berkisar antara 32-64 MB. Untuk High End berkisar antara 64-160 MB. Upgrade memori eksternal hingga 8 GB.

7. BATERAI
Baterai adalah faktor terpenting dari sebuah ponsel multimedia. Jika daya tahannya mengecewakan, tentu anda tak bisa sering2 membuka fitur musik, game, kamera ataupun video. Standar baterai yg baik minimal berkapasitas Li-ion 1000 mAh. Lebih baik lagi baterai dgn kapasitas Li-Pro karena lbh menghemat energi baterai sehingga energi yg dikeluarkan tidak seboros yg berkekuatan Li-ion.

8. HARGA
Selalulah menyesuaikan harga sebuah ponsel dgn kebutuhan anda dan isi kantong anda. Tanyakan pada diri anda apakah saat ini anda benar2 membutuhkannya. Jangan sampai hanya karena gengsi dan prestise anda membeli sebuah ponsel yang boleh jadi belum terlalu dibutuhkan.

0 komentar:

Posting Komentar